ide bisnis unik mahasiswa terbaik
ide bisnis unik mahasiswa terbaik

Peluang Nyata! 5 Ide Bisnis Unik Mahasiswa Minim Modal dan Mudah Dijalankan 

Pandemi saat ini mengharuskan semua pelajar termasuk para mahasiswa kuliah dari rumah. Agar hari-hari anda tidak membosankan, tentu anda harus mencoba tantangan baru terutama di dunia digital yang semakin populer saat ini. 

Untuk mahasiswa, manfaat menjalankan suatu bisnis ialah tak sekadar mencari uang saku semata. Akan tetapi juga bisa mengasah keterampilan dalam berbisnis. Apalagi untuk Anda yang kuliah dengan jurusan bisnis tentu apabila lulus tidak memiliki bisnis akan sangat memalukan bagi masyarakat di sekitar tempat tinggal. 

Nah bagi Anda yang ingin pengalaman unik dan tak biasa, berikut ini kami share beberapa ide bisnis unik mahasiswa dengan minim modal dan tentunya mudah untuk dijalankan dimana saja.  

5 Ide Bisnis Unik untuk Mahasiswa Minim Modal dan Mudah Dijalankan 

1. Tutor online 

Menjadi mahasiswa mengharuskan kita untuk bisa menjadi seorang guru apapun itu jurusannya. Aktivitas mengajar tentu sudah menjadi makanan sehari-hari oleh para mahasiswa. 

Anda pun bisa mengambil peluang usaha ini dengan menjadi tutor online. Dengan memanfaatkan teknologi internet, maka jangkauan siswa yang anda ajar akan semakin luas Anda pun bisa bergabung dengan start up les privat online yang ada saat ini. 

Berbicara mengenai hasil dari kegiatan menjadi tutor ini, bisa dibilang cukup besar. Semakin banyak siswa yang anda tentu akan semakin banyak bayaran yang anda peroleh. Padahal mengajar bisa dilakukan dirumah tanpa harus kehilangan uang transport ataupun jajan di luar. 

2. Bisnis camilan unik 

Berbisnis camilan dapat menjadi salah satu ide bisnis apalagi dengan segmen pasar mahasiswa. Walau tidak termasuk kebutuhan pokok namun camilan selalu menjadi makanan yang paling dicari oleh mahasiswa apalagi kalau sedang mengerjakan tugas yang bertumpuk. 

Guna mempromosikan bisnis camilan ini anda dapat memulai dengan memperkenalkan ke teman-teman sekelas atau teman nongkrong, organisasi, komunitas, dan perlahan akan merambah ke seluruh kampus.  

Selain itu Anda juga bisa mencoba promosi lewat digital seperti Facebook dan Instagram yang saat ini cukup populer. 

3. Menjadi penulis lepas 

Menjadi penulis lepas sekarang ini banyak dibutuhkan terutama oleh mereka yang mengelola suatu blog ataupun web site. Menjalani profesi ini tidak membutuhkan banyak modal hanya ketekunan dan ketelitian serta kreativitas anda dalam mengolah tulisan. 

Untuk masalah hasil, freelance content writer ini cukup fantastis. Apalagi jika anda mendapatkan banyak job dari portal berita ternama tentu hasilnya akan luar biasa. Artikel yang anda baca ini juga merupakan salah satu contoh tulisan seorang content writer. 

4. Dropshipper 

Untuk Anda yang baru mendengar kata dropshipper, ini merupakan kegiatan menjual barang dari supplier ke konsumen tanpa kita harus stok barang atau dengan kata lain bisnis ini hampir sama dengan makelar di dunia nyata. 

Untuk pengiriman sendiri Anda percayakan kepada pihak supplier sehingga tugas anda hanyalah mencari konsumen dan mendapatkan orderan kemudian dilanjutkan ke supplier untuk dikemas. 

Keuntungan bisnis dropshipper ini sendiri diambil dari margin yang anda tentukan dari harga jual supplier nya.  

Misalkan supplier menjual dengan harga 30ribu maka anda dapat menjualnya dengan harga 50ribu sehingga anda akan mendapatkan margin sebesar 20ribu untuk setiap satu produk yang terjual. 

5. Bisnis persewaan alat 

Mungkin kalian sebagai mahasiswa juga sudah sering mendengar bisnis satu ini. Bisnis peralatan dan persewaan cukup populer di kalangan masyarakat mungkin ialah persewaan kamera dan alat pendakian.  

Anda pun bisa mencoba persewaan yang lebih unik lagi seperti persewaan laptop ataupun persewaan jas, kebaya wisuda, dan masih banyak lagi. Bagaimana tertarik mencobanya? 

Akhir kata 

Demikianlah ulasan singkat seputar ide bisnis unik mahasiswa yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Sebenarnya peluang dapat Anda lihat melalui jurusan yang sedang Anda geluti saat ini.  

Cukup lihat apa yang teman anda butuhkan dan disana anda menjadi solusinya, maka anda sudah menjalankan bisnis yang terbaik untuk versi anda. Semoga bermanfaat dan selalu menginspirasi teman-teman semua. 

TRENDING:  5 Ide Rumahan di Desa Saat Pendemi yang Modal Kecil Untung Besar