ide bisnis online untuk pelajar terbaru
ide bisnis online untuk pelajar terbaru

6 Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Mudah dan Minim modal 

Bagi anak sekolah yang ingin menambah uang jajan mereka, sejumlah bisnis online untuk pelajar berikut ini layak dicoba. 

Ada banyak keuntungan yang dapat kita peroleh dengan memulai bisnis sejak berusia muda. Selain itu, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bisa menghasilkan uang dan mengelolanya dengan baik. Apalagi anda bisa menabung uang tersebut untuk masa depan. 

Dengan membuka usaha sendiri Anda bisa menumbuhkan rasa kemandirian. Tidak selalu mengandalkan orang tua untuk sekedar beli barang yang diinginkan. Juga, keuntungan lain membuka usaha sendiri ialah kita memperoleh pengalaman yang semakin banyak. 

Nah berikut ini ada beberapa peluang usaha yang cocok dijalankan oleh pelajar. Usaha-usaha ini tidak membutuhkan full time atau waktu seharian, juga bisa menjalankan kapan saja disaat senggang.  

1. Bisnis mengemas ulang makanan

Para pelajar sekolah tentu tidak memiliki banyak waktu untuk sekedar memasak makanan dan menjualnya. Oleh sebab itu, mengemas ulang makanan dapat menjadi pilihan terbaik. Karena jauh lebih mudah dan praktis. 

Makanan ringan sebut saja seperti makaroni, seblak kering, kripik, atau kerupuk bisa menjadi kreasi makanan ringan kekinian. Agar lebih unik caranya bisa dengan dibumbui rasa seperti pedas gurih asin dengan level-level tertentu. 

Dalam mengemas sebaiknya kemas dengan semenarik mungkin seperti memakai standing pouch, toples kaca, atau tabung kertas snack. Jangan lupa tambahkan juga anda sendiri brand/merk agar produk semakin terpercaya dan konsumen mengingat anda.

2. Bisnis dropshipper

Bisnis online dengan sistem jualan dropship juga sangat cocok bagi pelajar. Ada banyak hal yang membuat bisnis ini cocok dijalankan oleh Anda. Pertama ialah minim modal dan waktu lebih fleksibel.  

Dropship merupakan sistem penjualan yang mana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan produk milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu atau menyetoknya. 

Dalam menjalankan dropshipper, anda hanya perlu mengunggah foto produk dan mempromosikannya. Biasanya barang pesanan anda akan dikirim oleh para pemasok. Jadi Anda juga tidak perlu mengemas barang dan mengirimnya sedangkan untuk perhitungan keuntungan tergantung dari pemasok dan penjual itu sendiri. 

3. Reseller

Jika dropship tidak membutuhkan stok barang maka reseller ini kebalikannya. Sistem jual beli online ini memang membutuhkan modal yaitu stok barang itu sendiri. 

Akan tetapi bagi pelajar bisa memilih barang dagangannya yang tidak membutuhkan terlalu banyak modal. 

Adapun jual barang murah yang bisa anda stok seperti pakaian, sepatu, atas, hingga aksesoris dengan harga yang cukup terjangkau. 

Sebaiknya kemas barang-barang tersebut dengan semenarik mungkin misalnya menggunakan gift box atau paper bag untuk menunjang penjualan. Apalagi untuk anak-anak muda seusia.

4. Jasa pembuatan artikel blog

Untuk yang gemar menulis atau suka membuat cerita maka peluang usaha satu ini cukup menjanjikan. Saat ini ada banyak sekali para pemilik website atau blog yang membutuhkan jasa penulis artikel.  

Hasil dari tulisan kalian nantinya seperti yang telah kalian baca di blog ini. Artikel-artikel di blog ini merupakan hasil karya dari para penulis yang sudah profesional dibidangnya selama bertahun-tahun.  

Anda akan dibayar per tulisan yang telah dibuat atau jika ada kontrak tertentu mungkin bayarannya akan sedikit lebih berbeda.

5. Buka jasa persewaan

Untuk yang memiliki koleksi barang tertentu dapat dicoba dengan menyewakan bertarif. Ada banyak orang yang membutuhkan barang tertentu tetapi enggan membelinya atau lebih baik menyewa. 

Adapun contoh alat-alat yang bisa anda sewakan seperti peralatan pendakian, kebaya untuk wisuda, kebaya untuk pernikahan, hingga persewaan alat-alat seperti kamera.

6. Fotografer

Usia pelajar merupakan usia dimana mereka sangat suka sekali dengan bidang fotografi. Nah tak ada salahnya Anda bergelut di bisnis fotografi ini dengan menjual keahlian.  

Apalagi sekarang banyak orang yang ingin mengabadikan momen dalam hidup mereka seperti lamaran, pernikahan, bridal shower, baby shower, aqiqahan, hingga pernikahan.  

Untuk memulainya anda tidak perlu mengambil job yang menuntut profesionalitas tinggi. Cukup mulai dengan jasa fotografer ringan seperti foto produk dan sejenisnya.  

Apabila nanti anda sudah cukup jago maka bisa mengambil job seperti pernikahan event dan lain sebagainya. 

Akhir kata 

Demikianlah beberapa bisnis online yang cocok untuk pelajar dengan minim modal dan tentunya mudah untuk dijalankan. Bisnis diatas sangat cocok sekali bagi anda yang menginginkan peluang usaha part time atau paruh waktu.  

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke temanmu yang mungkin juga sedang mencari ide peluang bisnis yang menguntungkan. Selamat mencobanya. 

TRENDING:  5 Aplikasi yang Menghasilkan Uang dengan Misi Mudah Tanpa Invite