ide bisnis anak muda kreatif
ide bisnis anak muda kreatif

Masih Nganggur? Simak 5 Ide Usaha Anak Muda Kreatif Bisa Pakai IG dan WA

Pandemi membuat nyaris seluruh industri menjadi koleps, mungkin hanya segelintir saja yang bisa bertahan hingga saat ini. 

Tak heran, jika banyak orang yang terkena PHK kemudian pensiun dini. Padahal pengangguran di Indonesia masih banyak dan mereka semua membutuhkan pekerjaan. Apakah termasuk Anda? 

Tentunya hal ini membuat kita mau tidak mau harus berfikir kreatif dan inovatif dalam membuka peluang usaha.  

Untuk menambah inspirasi anda dalam membuka bisnis pertama, berikut ini kami bagikan beberapa ide usaha anak muda kreatif yang bisa dimulai hanya dengan bermodalkan whatsapp dan Instagram. 

Ide Peluang Usaha Anak muda paling kreatif dan inovatif 

1. Reseller 

Usaha reseller ini dapat Anda mulai dengan menggunakan modal seminimal mungkin, bahkan Rp. 50.000 bisa digunakan. 

Bisnis ini bisa dimulai dengan melakukan stok barang seperti misalnya cemilan, jilbab, makanan ringan, frozen food, atau apa saja yang pastinya memiliki keuntungan menggiurkan. 

Setelah mendapatkan barang anda bisa menawarkan di status WhatsApp atau Instagram. Tentunya dengan foto yang menarik sehingga teman dalam kontak anda tertarik untuk membelinya. 

2. Agen pembayaran elektronik 

Mungkin bukan lagi menjadi bisnis rumahan yang lagi trend akan tetapi agen pembayaran elektronik juga merupakan usaha yang tidak banyak modal. 

Anda hanya perlu beriklan dengan memasang poster di depan rumah kemudian warga sekitar akan mengetahuinya dan melakukan pembayaran elektronik di tempat anda. 

Sebenarnya ide bisnis ini bukan hal baru, akan tetapi masih belum banyak yang menjadi agen pembayaran elektronik. Anda bisa melayani seperti misalnya pembayaran pulsa listrik, pembelian kuota, pembayaran online shop, dan masih banyak lagi. 

3. Buka warung makan 

Warung makan bisa dibilang merupakan salah satu usaha sampingan yang tidak ada matinya. Mengingat kita tahu semua orang butuh makan dan warung menjadi salah satunya. 

Jika kita lihat di sekitar maka ada banyak sekali bisnis warung makan yang cukup sustainable walaupun di masa seperti sekarang ini.  

Akan tetapi anda tidak perlu meniru mereka dengan membuka warung besar dan melakukan jualan seperti itu. 

Anda bisa memulainya dengan modal kecil seperti jualan cemilan, jualan Frozen jualan an an makanan ringan dan masih banyak lagi. 

4. Bisnis laundry 

Ide bisnis rumahan untuk satu ini cocok dijalankan oleh anda yang suka bersih-bersih rumah. Meskipun saat ini sudah banyak yang membuka usaha laundry akan tetapi anda tidak perlu berkecil hati. 

Justru peluang tercipta disaat masa seperti sekarang ini anda dapat menciptakan brand dengan menawarkan cuci bersih dan steril menggunakan desinfektan.  

Dengan demikian, para calon konsumen akan sangat suka dengan layanan yang anda miliki dan melakukan banyak orderan disana. 

5. Membuka usaha waralaba atau franchise 

Kalau anda memiliki pesangon atau tabungan misalnya setelah di PHK, Anda bisa mencoba untuk buka usaha franchise atau waralaba. 

Dibandingkan dengan melakukan branding sendiri atau membuat merek, usaha waralaba ini memiliki percepatan yang lebih bagus. 

Mengingat usaha waralaba memiliki merek yang sudah terbukti laku di pasaran. Sehingga tentunya konsumen akan sudah mengenal anda dan melakukan pembelian langsung tanpa harus berfikir. 

Akhir kata 

Demikianlah ulasan singkat mengenai peluang usaha untuk anak muda yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini.  

Peluang diatas sangat cocok dijalankan oleh anda yang habis terkena PHK atau Anda yang masih menjadi pengangguran.  

Atau minimal ingin memulai bekerja dengan menjadi seorang pengusaha muda. Salam Indogoodnews.com

TRENDING:  5 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Menguntungkan dan Minim Modal