cara investasi saham pemula
cara investasi saham pemula

5 Cara Belajar Trading Saham untuk Pemula dari Nol sampai Sukses 

Indogoodnews.comSetiap orang yang terjun ke dalam investasi saham harus bisa menentukan posisi dirinya mau masuk dianggap berapa dan menjual saham tersebut diangka berapa agar mendapatkan profit yang maksimal. 

Ketika memutuskan untuk menjadi penjual saham dan melakukan proses trading tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar aktivitas trading anda berjalan dengan baik dan lancar.  

Adapun beberapa hal tersebut sudah kami rangkum dalam tips cara investasi belajar trading saham berikut ini. 

Membaca buku 

Proses trading saham yang dilakukan oleh banyak orang sebenarnya sudah terjadi sejak lama. Telah ada banyak sekali tokoh terkenal yang lahir dalam trading saham dan beberapa di antaranya membagikan buku melalui hasil karya yang mereka tulis.  

Mereka mensharingkan ilmu tersebut di buku lantaran memang ilmu tersebut tidak diberikan secara gratis di internet. Anda bisa mendapatkan rekomendasi buku terbaik belajar saham trading dari beberapa ahli yang sudah berpengalaman. Sebaiknya cari review terlebih dahulu di YouTube. 

Tentukan anggaran trading saham 

Salah satu yang dapat anda lakukan ketika memulai investasi saham ialah menentukan anggaran yang akan digunakan untuk bermain disana. Dengan menentukan anggaran trading saham tentu anda lebih mudah menghitung keuntungan yang anda peroleh dan juga mudah yang digunakan.  

TRENDING:  5 Aplikasi Edit Feed IG Jadi Puzzle yang Rapi

Sebaiknya dalam berinvestasi saham selalu gunakan uang dingin atau uang yang memang itu tidak diperlukan di masa mendatang ataupun masa dekat ini. Hal ini bukan karena trading itu bukan sarana investasi yang aman melainkan takutnya nanti sebelum harga naik anda sudah menjualnya. 

Pilih akun broker yang sudah terpercaya 

Broker merupakan perusahaan yang melakukan perdagangan atas nama anda. Karena mempunyai pengaruh dan kekuatan yang besar terhadap akun anda pastikan Anda memilih broker yang terbaik. Jangan lupa pula pialang atau broker terbaik anda sesuaikan dengan kebutuhan spesifik anda. 

Akar mempunyai ketentuan yang berbeda dalam hal biaya yang dikenakan atau komisi pengelolaan saham. Apabila Anda membeli saham individu melalui pialang yang tidak membubarkan VOC mesin anda mungkin tidak akan dikenakan biaya apapun. 

Pelajari saham yang akan diperdagangkan 

Tugas memilih pialang sudah selesai selanjutnya anda menentukan saham mana yang ingin anda pilih. Menganalisa saham secara fundamental sangatlah penting agar nantinya anda tidak salat membelinya.  

TRENDING:  Kumpulan Stiker WA Kocak Bikin Ngakak Terbaik

Itu Anda juga harus mengetahui kinerja perusahaan melalui analisa teknikal baik itu pergerakan harga naik ataupun turun sesuai dengan data yang telah diperoleh di aplikasi trading saham yang Anda gunakan. 

Tentukan jenis trading yang sesuai kebutuhan 

Selain pilihan broker dan jenis saham yang akan dibeli Anda juga harus menentukan jenis trading yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Maksudnya disini ialah menentukan jenis trading apa yang ingin anda lakukan misalnya trading harian atau trading bulanan atau bahkan trading secara tahunan.  

Trading saham memang merupakan instrumen investasi yang cukup menggiurkan akan tetapi juga memiliki risiko yang terbilang tidak ringan terutama untuk Anda yang masih pemula.  

Kalau kami sarankan Anda sebaiknya berinvestasi terlebih dahulu di leher keatas atau ilmunya terlebih dahulu. Sehingga Anda tidak akan salah pilih saham dan berakhir pada nyangkut. 

Baca juga: Aplikasi untuk Investasi Saham Terbaik